ST1, X

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 16

by | Feb 1, 2024 | 0 comments

Hari 16

Bagaimana stres menyebabkan penyakit.

Kuasa Allah yang lebih besar dari apapun masalah kita.

2 Timotius 1:7 (TB)  Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Roh yang Tuhan berikan membangkitkan kuasa, kasih dan ketertiban bahkan Roh Allah sendiri berkenan tinggal didalam diri kita secara permanen. Sehingga seharusnya kita kembali pada apa yang telah disediakan Allah untuk mengatasi sakit, penyakit yang disebabkan oleh stres. Karena obat2 an hanya meredakan gejalanya saja tidak menyelesaikan akar penyebabnya. Bahkan dalam beberapa kasus obat yang dirancang untuk menangani suatu kondisi justru membuat problemnya makin meluas. Seorang dokter Jerman ditahun 1986 dipecat karena mengembangkan pendekatan pengobatan dengan melacak penyakit dari stres. Cara yang ditentang berbagai pihak sampai hari ini.

Tuhan Yesus waktu mengajarkan tentang bagaimana karakter memiliki hidup mengasihi Allah dan sesama di Kotbah di Bukit, kita menemukan 7 stres mendasar dan hubungannya dengan kehidupan. Lebih jauh kitapun mengetahui ada 7 sistem dalam tubuh manusia dan keduanya saling berhubungan.

Stres yang berhubungan dengan sistem tubuh :

  1. Kemarahan – sistem kardiovaskuler.
  2. Rasa bersalah – sistem saraf.
  3. Nafsu – sistem endokrin
  4. Kepahitan – sistem pencernaan.
  5. Ketamakan – sistem kekebalan tubuh.
  6. Ketakutan – sistem pernafasan.
  7. Kedengkian – sistem muskuloskeletal.

Konektivitas itu semakin disadari banyak orang, bahwa stres berkepanjangan adalah akar penyebab penyakit. Sehingga saat orang2 ini berhasil mengatasi stres, banyak yang mengalami kesembuhan dramatis dari penyakitnya.

Secara medis ditemukan Dr. Billica (1991-2001), efek stres yang merusak keseimbangan hormon terutama ketidak seimbangan tingkat hormon kortisol. Kelebihan kortisol akan menimbulkan inflamasi, memicu kerja jantung dan sulit mengendalikan kadar gula darah.

Stres juga memicu produksi glukosa, menurunkan DHEA sebagai hormon anti-penuaan. Dan stres melambatkan kerja tiroid yang menyebabkan ketidakseimbangan neurotransmiter menyebabkan depresi. Ini mengurangi serotonin, yang memicu keinginan menyerap gula lebih banyak, yang menyebabkan sindrom resistensi insulin berujung diabetes. Selain juga terjadi penurunan energi sel mengakibatkan keletihan dan hilangnya otot.

Saudaraku terkasih stres tidak dapat kita hindari ditengah kehidupan di bumi yang berdosa. Tetapi stres tidak boleh berkelanjutan. Stres dikendalikan oleh sistim limbik di otak kita, ia menerima dan memproses input sensorik dari tubuh. Selanjutnya mengarsipkan nemori2 itu melalui nilai masing2nya untuk referensi masa depan. Seperti thermostat, sistim limbik berusaha mempertahankan kehidupan tetap seimbang.

Sehingga saat muncul stres maka sistem limbik berusaha menstabilkan kondisi tubuh dengan melepas hormon stres yang akan mempengaruhi sistem saraf. Hormon ini pada awalnya bermanfaat, tetapi saat stres berkepanjangan maka mereka akan merusak tubuh.

Kita harus hidup bersama stres tapi tidak boleh hidup dikuasai stres. Ada roh yang diberikan Allah bahkan Roh Kudus diam bersama kita, serta bukankah kita juga menghidupi kuasa Firman Allah. Itu semua senjata yang cukup untuk mematikan stres. Kita bisa hidup dalam damai sejahtera, sukacita, dan terus berpengharapan karena Allah turut bejerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Kita harus percaya dan mulai menghidupinya, terutama di zaman akhir saat ini.

Dalam beberapa hari kedepan kita akan mulai belajar dan bersama2 menghidupi : bagaimana 49 karakter yang Kristus ajarkan akan mengalahkan 7 stres yang mematikan itu.

Tetap semangat dan Tuhan Yesus memberkati.

hkw

Artikel Terkait

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 101

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 101

Allah merancangkan manusia sedemikian rupa jika hidup menentang kebenaran Firman, ia akan mengalami pertentangan dalam jiwanya seperti : kemarahan, rasa bersalah, nafsu, kepahitan, ketamakan, ketakutan dan kedengkian. Tetapi Allah berjanji bahwa semua keadaan ini bisa...

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 100

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 100

Hari 100 Penutup. Bagaimanakah kita bisa meraih pembaharuan kekuatan dari Allah ? Penutup. Bagaimanakah kita bisa meraih pembaharuan kekuatan dari Allah ? Yesaya 40:29-31, “Dia (Allah) memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada...

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 99

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 99

Hari 99 VII. Kedengkian (Iri Hati). 7. Berdoa meminta Bapa mengirimkan pekerja, kualitas karakter yang dihasilkan : BELAS KASIH. Matius 9:38 (TB)   “Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *