IX, ST1

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 15

by | Feb 1, 2024 | 0 comments

Hari 15

Faktor 5. Apa yang kita warisi.

Setiap keturunan Adam terikat dan terkait bagian dari Adam ketika jatuh dosa.

Roma 5:12 (TB)  Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

Keberadaan jasmaniah kita ditentukan oleh struktur DNA yang kita terima dari nenek moyang dan akan kita turunkan ke anak cucu. Implikasi prinsip luar biasa ini terkait juga hubungan kita dengan Adam. Pada tingakat molekuler, semua manusia sebenarnya bagian dari Adam saat berdosa. Oleh karena itu Alkitab menegaskan, kita semua berdoa dan akibatnya mati.

Prinsip yang sama dijelaskan dalam kejadian Abraham saat membayar persepuluh pada Melkisedek, Ibr 7:9-10. Alkitab menyatakan Lewi membayar persepuluhan, padahal kejadian itu ratusan tahun sebelum Lewi lahir. Dalam Alkitab dijelaskan karena Lewi ‘dalam pinggang Abraham’. Secara teknis Lewi telah ikut berpartisipasi dari apa yang dilakukan Abraham. Ini prinsip mendasar tentang apa yang kita warisi dan wariskan.

Setiap kita, memiliki dua salinan gen2, satu dari ibu dan satu dari ayah kita. Penyakit genetik akan muncul saat satu atau kedua gen mengalami mutasi. Hal ini yang menghasilkan cacat bawaan atau penyakit. Juga setiap orang memiliki kecenderungan kelemahan kearah penyakit2 tertentu yang menurun dari keluarga.

Penyakit genetik memperpendek umur manusia. Keadaan genetik yang semakin tidak baik terlihat dari umur manusia yang semakin pendek serta berbagai jenis penyakit baru yang dahulu tidak ada. Ini disebabkan oleh ketidakmurnian darah dan kerusakan struktur DNA manusia.

Secara mendasar perbaikan apa yang kita pikirkan, katakan, lakukan dan makan akan berpengaruh signifikan terhadap penyakit genetik. Akan tetapi, Alkitab menyaksikan bahwa Allah menggunakan kondisi2 genetik untuk melakukan pekerjaan besar-Nya melalui keadaan itu. Seperti saat Tuhan Yesus menyembuhkan orang buta sejak lahir di Yoh 9. Pola Allah adalah membentuk seseorang dalam rahim dengan segala kapasitas yang diperlukan untuk melaksanakan rencana-Nya. Namun dalam beberapa kasus, Allah menahan faktor kuncinya, seperti Sarah, istri Abraham. Ia akan menjadi ibu banyak bangsa tetapi mandul.

Dalam kasus2 itu, terpecahnya saat mengikuti petunjuk Alkitab dengan berseru kepada Allah meminta karya supranatural-Nya, Yer 33:3. Kuasa dari berseru kepada Allah ini telah digunakan banyak orang untuk mengatasi berbagai cacat/ kelemahan bawaan.

Saudaraku terkasih, janganlah kita melihat seperti apa keadaan kita saat mulai perjalanan iman kita menjadi murid Kristus. Percayalah, dengan cara-Nya Allah akan mampu menjadikan kita diciptakan ulang untuk bisa menggenapi pekerjaan2 besar yang telah dipersiapkan untuk kita kerjakan di bumi ini. Caranya hanya satu : terus melekat pada Firman dan pimpinan Roh Kudus. Melalui itu Firman akan mewujud menjadi daging, yang akan membawa kita makin serupa Kristus, karena kita bukan lagi menghidupi diri kita lagi tetapi Kristus yang hidup didalam diri kita.

Tuhan Yesus memberkati.

hkw

Artikel Terkait

Seri Gambar Allah  – Part 15

Seri Gambar Allah  – Part 15

Hari 15 MEMPERBAIKI KELEMAHAN Realita hidup dalam kelemahan kemanusiaan yang telah jatuh dalam dosa dan hidup ditengah dunia yang berdosa, membuat persoalan kelemahan menjadi semakin kompleks dan sukar. Tetapi Puji Tuhan, semua itu telah diselesaikan Kristus dengan...

Seri Gambar Allah  – Part 12

Seri Gambar Allah  – Part 12

Hari 12 KOLABORASI KARYA ALLAH DENGAN MANUSIA Sebuah prinsip mendasar karya Allah didalam dan melalui hidup anak-anak-Nya yang banyak dilupakan dalam pengajaran dan kehidupan umat di akhir zaman ini. Secara mendasar benar bahwaTuhan sendiri adalah sumber kekuatan...

Seri Gambar Allah  – Part 10

Seri Gambar Allah  – Part 10

Hari 10 MENJAGA KEMELEKATAAN HATI PADA ALLAH Bahkan seringkali kita tidak mampu mengajarkan kedalaman kehidupan manusia roh, karena belum mengalaminya sendiri. Apapun yang berasal dari kedalaman (hati) adalah bisa mengalir ketika ia sendiri telah mengalami dan...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *