IX, ST1

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 13

by | Feb 1, 2024 | 0 comments

Hari 13

Faktor 3. Apa yang kita lakukan.

Ketika kita meletakkan diri kita diatas Allah, maka kerusakan nurani, pikiran dan tubuh terjadi.

Amsal 3:7 (TB)  Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; 

Adanya hukum2 Allah yang diukir dalam hati setiap orang, membuat ketika kita melakukan yang jahat, kita sadar didalam roh kita bahwa kita telah melakukan kesalahan. Dan kesalahan itu akan tertulis dalam sistim limbik. Semakin dalam kesalahannya maka kita akan semakin terbebani rasa bersalah. Kemudian rasa bersalah ini secara langsung berpengaruh pada persekutuan kita  dengan Allah dan sesama. Bukankah hal yang sama dilakukan Adam dan Hawa yang menyadari keadaan dosanya, takut dan mencoba bersembunyi dari Allah karena rasa bersalah mereka.

Penderitaan nurani.

Ketika kita melakukan hal2 yang kita tahu salah, seketika kita akan mengalami ‘penderitaan nurani’. Tubuh juga akan meresponinya untuk menghindari akibat penderitaan nurani ini. Kecenderungan alamiah manusia akan bertindak dalam keangkuhan (ego) dengan menyembunyikan dosa dan pelanggaran itu. Padahal Allah memperingatkan di Amsal 28:13a, siapa menyembunyikan pelanggaran tidak akan beruntung.

Jika kita menutupi dosa maka akal pikiran (otak) mencari2 rasionalisasi, seolah dosa itu bisa dibenarkan, sampai pada titik kita menantang hukum Allah atau bahkan sampai mempertanyakan eksistensi Allah. Padahal kalau sebaliknya kita mau mengakui dosa dan memohon pengampunan, maka semua masalah itu akan selesai, 1 Yoh 1:9.

Efek pada tulang.

Dosa tersembunyi berpengaruh langsung pada kesehatan tulang, padahal di sumsum tulanglah sel2 darah diproduksi. Yang tentu akan mempengaruhi langsung kesehatan kita. Pemazmur mencatat efek dosa terhadap tulang Maz 6:3b, dilanjutkan ayat 4, sakit jiwanya. Maz 32:3, tulanglu menjadi lesu.

Problem pikiran.

Urutan kerusakan manusia yang dimulai dari melakukan pelanggaran moral dan hukum Allah akan berujung pada kekacauan pikirannya. Banyak penyakit pikiran yang bila diurut kebelakang ditemukan kegagalan moral yang tidak pernah diakui. Maka penggunaan obat2at untuk menangani kelainan jiwa tidak menjangkau inti masalahnya.

Problem emosi.

Selanjutnya akan mendatangkan malapetaka bagi emosi, menguras energi emosional secara berkelanjutan, yang berujung depresi. Depresi ini adalah hasil ketidak seimbangan hormonal yang dipicu rasa bersalah. Dan satu2nya jalan keluar adalah mengakui kegagalan moral kita, mengklaim kuasa darah Yesus untuk pengampunan dan berbalik dari dosa.

Problem tubuh.

Efek selanjutnya akan dialami tubuh kita. Muncul kedalam muatasi2 DNA, virus2 baru yang muncul dan mematikan terkait pada perubahan2 dalam struktur DNA yang melemahkan sistem imun tubuh, yang sekarang ditengarai terkait jenis2 kanker. Sedangkan perawatan kanker menggunakan kemo juga akan makin melemahkan imun tubuh.

Saudaraku terkasih, jelaslah apa yang kita lakukan yang dibawah standar kebenaran Allah akan berujung pada pertentangan nurani, dilanjutkan kerusakan pikiran dan emosi dan berujung pada kerusakan tubuh kita. Dan Allah sudah memberikan jalan keluarnya yaitu : mengakui dosa dan memohon pengampunan. Klim kuasa darah Yesus akan menyucikan kita dari segala dosa dan pelanggaran.

Jangan pernah sekali2 menyimpan dosa dan menutupinya dengan segala pembenaran rasional2 palsu  berdasarkan nafsu kesenangan diri saja.

Marilah kita menjaga kekudusan, dengan terus memenuhi hati dengan Firman dan menghidupi Firman oleh kekuatan Roh Kudus.

Tuhan Yesus memberkati.

hkw

Artikel Terkait

Seri Gambar Allah  – Part 15

Seri Gambar Allah  – Part 15

Hari 15 MEMPERBAIKI KELEMAHAN Realita hidup dalam kelemahan kemanusiaan yang telah jatuh dalam dosa dan hidup ditengah dunia yang berdosa, membuat persoalan kelemahan menjadi semakin kompleks dan sukar. Tetapi Puji Tuhan, semua itu telah diselesaikan Kristus dengan...

Seri Gambar Allah  – Part 12

Seri Gambar Allah  – Part 12

Hari 12 KOLABORASI KARYA ALLAH DENGAN MANUSIA Sebuah prinsip mendasar karya Allah didalam dan melalui hidup anak-anak-Nya yang banyak dilupakan dalam pengajaran dan kehidupan umat di akhir zaman ini. Secara mendasar benar bahwaTuhan sendiri adalah sumber kekuatan...

Seri Gambar Allah  – Part 10

Seri Gambar Allah  – Part 10

Hari 10 MENJAGA KEMELEKATAAN HATI PADA ALLAH Bahkan seringkali kita tidak mampu mengajarkan kedalaman kehidupan manusia roh, karena belum mengalaminya sendiri. Apapun yang berasal dari kedalaman (hati) adalah bisa mengalir ketika ia sendiri telah mengalami dan...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *