ST1, X

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 1

by | Feb 1, 2024 | 0 comments

Hari 1

Stres dimulai ketika kita gagal mengenali situasi-situasi sulit dirancang Allah untuk kebaikan kita

Stres dimulai ketika kita gagal mengenali situasi-situasi sulit dirancang Allah untuk kebaikan kita 

Roma 8:28 (TB)  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Sebuah riset di Amerika melaporkan 70-90 persen alasan orang ke dokter disebabkan oleh stres. Kita yakin terjadi juga di Indonesia, meski kita tidak bisa menghakimi kalau semua penyakit disebabkan oleh stres. Karena ada 5 penyebab sakit : pikiran, perkataan, perilaku, makanan, atau keturunan.

Stres bukan kejadian sekali dan mendadak, tetapi hasil dari respon yang salah secara terus-menerus terhadap berbagai situasi, yang menghasilkan : kemarahan, rasa bersalah, nafsu, kepahitan, ketamakan, ketakutan, atau kedengkian. Orang bisa menyangkal mereka tidak stres, tapi hanya frustasi, tapi tahukah kita kalau tubuh kita merespon dengan cara yang sama keduanya ? Keduanya memicu sistem saraf otonom yang menghasilkan ketidak seimbangan hormonal yang berujung pada penyakit.

Kita merespon kehidupan dengan cara yang salah karena tidak percaya dan menghidupi kebenaran Firman, tetapi kita lebih percaya pada pikiran manusia dan pengalaman diri yang terbatas. Ini membuat posisi manusia diatas otoritas dan kebenaran Allah, hingga kita percaya pada kebohongan yang menciptakan ketakutan. Dalam keadaan tertekan itulah kita mengambil keputusan dan bersikap membentuk memori-memori menyakitkan. Inilah tumpukan memori buruk yang didasari oleh persepsi diri yang tidak berdasarkan kebenaran Firman akan menguasai kita berujung stres.

Tidak ada cara lain kecuali kembali pada kebenaran Firman. Konfrontasikan ulang semua memori itu dengan kebenaran Firman. Firman pagi ini mengingatkan dengan kuat bahwa sebagai anak-anak Allah, Bapa kita tidak akan membiarkan kita berjalan sendiri hidup di bumi ini. Allah berkenan ikut terlibat dalam setiap keadaan apapun termasuk situasi sulit, untuk menjadikan alat yang efektif yang mendatangkan kebaikan bagi kita.

Yang menjadi persoalan adalah apakah kita mau percaya pada Firman dan kebenaran ini. Apakah kita benar2 percaya pada Allah sebagai sumber kebaikan, sehingga mau membuka satu-persatu timbunan memori salah kita dengan kebenaran Firman dan kasih Allah Bapa kita ini.

Ketika kita bisa bebas total dari memori menyakitkan itu maka akar penyakit akan dicabut, hubungan dengan Allah diperbaharui, dan rencana Allah akan kita jalani dengan sempurna. Begitu banyak penelitan yang membuktikan ketika mereka menerima Firman, kebenaran menghapus memori stres digantikan dengan karakter Kristus, dipulihkan kesehatannya kembali sempurna.

Mulai hari ini sampai 3-4 bulan kedepan kita akan belajar kebenaran-kebenaran dari 49 karakter Kristus yang dapat diterapkan pada stres yang kita hadapi. Hingga kita menemukan kehidupan yang pulih baik dari roh, jiwa yang akan langsung berpengaruh pada tubuh.

Hidup ini hanya sebentar dan akan segera berlalu, karena itu cari, temukan dan hidupi yang terbaik saja yaitu menggenapi rencana Allah, agar saat mengakhirinya nanti kita tidak akan menyesali terhadap apa yang telah kita lakukan.

Tuhan Yesus memberkati.

hkw

Artikel Terkait

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 101

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 101

Allah merancangkan manusia sedemikian rupa jika hidup menentang kebenaran Firman, ia akan mengalami pertentangan dalam jiwanya seperti : kemarahan, rasa bersalah, nafsu, kepahitan, ketamakan, ketakutan dan kedengkian. Tetapi Allah berjanji bahwa semua keadaan ini bisa...

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 100

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 100

Hari 100 Penutup. Bagaimanakah kita bisa meraih pembaharuan kekuatan dari Allah ? Penutup. Bagaimanakah kita bisa meraih pembaharuan kekuatan dari Allah ? Yesaya 40:29-31, “Dia (Allah) memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada...

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 99

Buku Saat teduh 1 Bagian 5 – Part 99

Hari 99 VII. Kedengkian (Iri Hati). 7. Berdoa meminta Bapa mengirimkan pekerja, kualitas karakter yang dihasilkan : BELAS KASIH. Matius 9:38 (TB)   “Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *