Buku Renungan Harian GPA Bagian 9 – Part 1

by | Jan 31, 2024 | 0 comments

KUASA KATA

Panca indra kita menyerap apapun yg diterimanya tanpa melakukan seleksi. Ia masuk dan mengendap dlm pikiran kita. Dikumpulkan dan dipilah-pilah disana, diaduk dgn konfirmasi pengalaman-pengalaman yg bersesuaian. Muncullah sebuah kesimpulan. Dan bila itu terus menerus terjadi, masuklah sebuah nilai kebenaran yg diyakininya. Kebenaran itu masuk lbh dlm lagi kedalam jiwa kita. Ia meluap dari jiwa (hati) kedalam kata-kata yg keluar melalui mulut lidah kita.

Luapan isi jiwa akan memiliki kuasa, kata-kata yg buruk akan berbuahkan keburukan, demikian pula kata-kata yg baik akan menebar kebaikan.

Janganlah mengabaikan dan meremehkan setiap kata-kata yg kita keluarkan, krn meremehkannya sama dgn meremehkan kuasa yg dipercayakan Allah dlm kehidupan kita. Dan itu juga berarti meremehkan Sang Pemberi, identik dgn tdk menghormati dan mempercayai Allah yg berujung pada mempertuhan diri sendiri.

Jagalah kata-katamu, krn melalui itu engkau bisa memerintahkan jagad raya ini, merka akan patuh dan taat pada perintahmu. Ia akan menghormati kata-katamu yg adalah kuasa Allah yg dikeluarkan melaluimu.

Kalau kita menghayatinya bahwa begitu besar kepercayaan Allah yg mempercayakan kuasaNya melalui hidup kita, maka seharusnyalah kita serius menanggapinya dgn tdk menyia-nyiakan kepercayaan itu.

Katakanlah hanya yg patut dan membangun, jgn pernah mengutuk apapun apalagi hidup anda sendiri. Karena kuasaNya bukan untuk menghancurkan, tetapi justru untuk membangun dan meneguhkan serta menguatkan bahkan menebar kebaikan dan kesejahteraan.

Berkata-katalah sebagaimana Sang Pencipta memberikan teladan, Kasihilah sesamamu bahkan musuhmu dan jangan menghujat tetapi berkatilah dan doakanlah mereka yang membencimu.

Selamat berkarya melalui kata-kata kita.

Tidak semua bisa selesai di bumi ini. Karena memang kehidupan di bumi ini bukanlah akhir perjalanan. Sehingga kalaupun tidak  selesai biarlah kita meyakini bahwa kita sudah menyelesaikan ‘sementara’ dengan yang terbaik.

Keep positive thinking.

Roh manusia memberikan pengertian tentang hikmat manusia. 

1 Korintus 2:11 (TB)  

Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

Artikel Terkait

Buku Renungan Harian GPA Bagian 9 – Part 43

Buku Renungan Harian GPA Bagian 9 – Part 43

“Sapa salah seleh” (bhs jawa) Pada masanya setiap orang akan menuai perbuatannya. Saat itu terjadi tidak akan ada yang sanggup mencegahnya. Selalu membuat rencana dalam 3 tahap : pendek, sedang dan panjang. Ketiganya harus sama2 berisi target ideal dan minimal yang...

Buku Renungan Harian GPA Bagian 9 – Part 42

Buku Renungan Harian GPA Bagian 9 – Part 42

Membalikkan zaman adalah kemustahilan (fenomena Jokowi). Ir. Heru Kustriyadi Wibawa MSc.  Fenomena kepemimpinan Jokowi dalam tiga tahun sudah mendunia. Menjadi salah satu pembicaraan hangat baik dikalangan politisi maupun akademisi termasuk ekonom dunia....

Buku Renungan Harian GPA Bagian 9 – Part 41

Buku Renungan Harian GPA Bagian 9 – Part 41

Stimulus-respons Proses evaluasi yang dilakukan oleh sistem pikiran kita mulai dari masuknya stimulus sampai pada respons yang kita berikan sangat bersifat komplek. Stimulus dapat diberikan melalui 6 jenis objek yaitu : objek visual, objek suara, objek bau, objek...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *